-->

cara cek spek laptop

Di zaman sekarang yang semakin canggih kita selalu membutuhkan sebuah komputer atau Laptop atau yang sering di sebut PC. Tidak heran jika PC di jadikan kebutuhan karena dengan PC kita dapat melakukan apa saja. Diantara melakukan desain,  browsing, bermain game, chatting, mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah, mengerajakan pekerjaan kantor dan masih banyak yang lainnya. Bahkan dengan komputer atau laptop kita dapat mendapatkan uang. Tidak heran jika sekarang komputer telah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Untuk menunjang kebutuhan tersebut di butuhkan spek laptop yang bagus. Sehingga harus di ketahui cara cek spek laptop. Agar dapat mengetahui spek laptop yang di gunakan.

                    
                      



Kebutuhan akan penggunaan komputer sehingga pengembangan terus di lakukan di bidang teknologi komputer dan akhirnya sekarang munculah namanya laptop. Laptop ini merupakan teknologi yang hampir sama dengan komputer namun yang membedakan hanya ukuran. Laptop di Buat denagn ukuran yang jauh lebih kecil di bandingkan komputer. Komponen-komponen komputer di satukan di dalam laptop. Hal sangat memudahkan penggunanya untuk memindahkan laptop dari pada komputer.

Dalam sistem komputer sama persis dengan sistem yang ada di laptop. Laptop di gunakan seperti dengan komputer. Komputer dan laptop menjadi hal yang sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan secara mudah dan cepat. Banyak program yang terdapat di dalam yang dapat di manfaatkan untuk membuat hal-hal yang kreatif yang tentunya dapat mempermudah pekerjaan manusia.

Kita juga sering mrnggunakan Komputer unutk hal-hal yang cukup berat di di proses di komputer seperti editing video, Bermain game, ataupun menggunakan aplikasi dengan ukuran yang besar. Hal ini  terkadang membuat laptop kita menjadi lamabat loadaing atau lalot. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan komputer atau laptop diantaranya :

1. RAM PC

RAM komputer dan laptop merupakan hal yang sangat mempengaruhi kecepatan loadingnya. Semakin besar RAM komputer dan laptop maka semakin cepat pula setiap proses yang di lakukan di komputer dan laptop. Sehingga tidak heran jika ketika melihat spek pc hal yang paling pertama di lihat adalah RAM karena inilah yang mempengaruhi kecepatan komputer dan laptop.

2. Penyimpanan PC

Penyimpanan komputer dan laptop merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya penyimpanan penggunaan komputer dan laptop dapat menyimpan data atau file . Penyimpanan pc sangatlah mempengaruhi kecepatan pc. Biasanya jika penyimpanan sebuah komentar telah full maka kecepatan pc juga akan terganggu . Sehingga jika penyimpanan pc besar maka penyimpanan tidak akan mudah full dan kecepatan pc tidak akan terganggu. Ada beberapa cara untuk memperkecil ukuran file di komputer

3. System  type

Setiap komputer dan laptop memiliki system. System ini selalu mengalami peningkatan. Sehingga system pc harus selalu di update agar systemnya selalu baru. System yang lama biasanya akan mempengaruhi kecepatan pc. Olehnya lakukan update system pada pc untuk meningkatkan kecepatan pc.

4. Processor


Processor merupakan otak dari komputer dan laptop. Processor inilah yang memproses segala sesuatu yang di lakukan di pc. Semakin bagus kualitas processor pc maka semakin cepat pula kecepatan komputer dan laptop.

Kecepatan PC sagat di pengaruhi oleh spesifikasi pc. kita dapat melihat spesifkasi pc kita masing-masing dengan mudah. untuk mengetahui cara cek spek laptop silahkan baca caranya di bawah ini :

1. Masuk ke start windows > control panel


2. Pilih system and security



3. Lalu pili system

4. Setelah itu anda dapat melihat spesifikasi pc 


hal-hal yang di cantumkan di spesifikasi control panel

- Windows Edition 

- system yang terdiri dari :
  1. Rating 
  2. Processor
  3. RAM
  4. System type
  5. Pen anda touch

- Computer name, domain, and group setting :
  1. Computer name
  2. full computer name
  3. Computer description
  4. Workgroup

- Windows activation

Ada beberapa tujuan cek spek laptop

1. Ingin mengetahui ukuran RAM

Hal yang tak kala pentingnya dari bagian atau perangkat keras komputer adalah RAM. Ram inilah yang akan mempengaruhi kecepatan proses sebuah pc. Semakin besar RAM sebuah komputer maka semakin cepat sistem di dalam komputer di proses. Biasanya kabanyakan orang ingin mengetahui jumlah RAM komputer ketika ingin menginstall sabuah aplikasi atau game. Karena biasanya beberapa game yang memiliki kualitas tinggi membutuhkan RAM yang cukup besar. Jadi sebelum mendownload aplikasi atau game tersebut sebaiknya lihatlah spek pc anda.

2. Mengetahui ukuran penyimpanan pc

Untuk mengetahui ukuran penyimpanan pc harus dengan menggunakan cara di atas. Penyimpanan menjadi tempat pc untuk meyimpan semua data atau proses di komputer yang telah di lakukan. Penyimpana komputer atau laptop berbebeda-beda. Semakin besar pentimpanan komputer maka semakin bagus karena bisa menyimpan data  lebih banyak. Sebagai pengguna komputer maka harus pandai-padai dalam menyesuaikan data yang di simpan di pc. Karena apabila penyimpanan di komputer tidak seimbang maka akan menganggu kinerja pc tersebut.

3. Mengetahui processor pc

Otak dari komputer di sebut dengan processor. Semua proses yang di lakukan di komputer akan di kelola oleh  processor. Seperti otak pada manusia, semua yang di lakukan manusia di proses di otak. Kemampuan manusia juga di pengaruhi oleh otak. Seperti juga komputer semakin bagus prossornya maka semakin bagus pula kinerja komputer.

4. Mengetahui window yang di gunakan

Windows merupakan system yang bekerja pada komputer. Seiring dengan perkemabangan teknologi, windows juga selalu mengalami perkembangan. Perkembangan ini di lakukan guna memperbaiki atau meningkatka kulitas kinerja dari window sebelumnya. Untuk mengetahui jenis windows yang di gunakan maka harus masuk program yang meriview spek komputer tersebut. Di windows juga memiliki dua system yaitu 32-bit dan 64-bit.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara cek spek laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel