-->

cara mengatur kecerahan pada laptop windows 7, 8 dan 10

Bismillah
Assalamualaikum... Pada kesempatan ini saya akan memberika cara mengatur kecerahan dilaptop windows 7,8 dan 10Diera medoren saat ini manusia dihadapkan dengan berbagai persoalan. Namun dibalik beberapa persoalan tersebut manusia juga dimanjakan dengan kecanggihan teknologi informasi. Perkembangan teknologi banyak memberi dampak pada kehidupan manusia. Dampak yang ditimbulkannya pun bisa berupa dampak positif maupun dampak negatif. Sehingga manusia yang merupakan pengguna teknologi tersebut harus pandai-pandai dalam menggunakannya.

Sudah banyak dampak positif yang bisa dirasakan oleh manusia atas berkembangnya teknologi. salah satu teknologi ynag perkembangannya sangat pesat yaitu komputer dan laptop. Teknologi ini diawali dengan adanya penemuan komputer dengan ukuran yang sangat besar. Seiring perkembangan jaman, perkembangan komputer dengan ukuran yang besar pun  mengalami  perubahan ukuran yang lebih kecil hingga muncullah teknologi bernama laptop yang menyerupai komputer namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari komputer.

Perkembangan laptop juga mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari ukuran, sistem, perangkat yang digunakan dan masih banyak yang lainnya. Hal ini dilakukan guna meningkatkan tingkat kenyamanan pengguna serta menigkatkan kinerja dari laptop tersebut



Salah satu perangkat keras komputer yang penting adalah monitor atau sering dikenal dengan layar laptop. Monitor berguna untuk menampilkan tampilan sistem yang ada dilaptop tersebut. kecerahan pada monitor dapat diatur sesuai dengan keinginan penggunanya. mengatur kecerahan laptop sangatlah penting karena memiliki kontak langsung dengan mata. 

Berikut beberapa dampak jika tidak mengatur kecerahan laptop sesuai kebutuhan

1. Membuat mata cepat lelah







Ketika menggunakan laptop dengan kecerahan cukup terang maka secara otomatis mata akan lebih cepat merasa lelah. Mata yang lelah tentunya akan menganggu pekerjaan. Biasanya ketika mata lelah maka mata akan mengelurkan air secara otomatis. Apabila mata telah lelah namun mata tetap dipaksakan untuk melihat maka hal ini tentu saja akan merusak mata. Banyak orang yang menggunakan kacamata ketika menggunakan laptop dengan melindungi mata agar tidak mudah lelah dan dengan demikian mata tidak akan mengalami kerusakan

2. Merasa cepat lelah









Ketika mata sudah merasa lelah maka anggota badan pun juga ikut merasa lelah. Sehingga  tubuh pun butuh istirahat dan hal ini mengakibatkan waktu kerja menjadi tidak efisien lagi karena tubuh memerlukan waktu untuk istirahat. Namun ketika menggunakan laptop dengan tingkat kecerahan  sesuai kebutuhan maka tentunya mata  dan tubuh akan lebih tahan lama untuk beristirahat.

3. Menguras banyak batterai










Pada saat menggunakan laptop dengan tingkat kecerahan tinggi maka secara otomatis akan menguras banyak batterai. Hal ini disebabkan laptop memerlukan daya yang cukup besar untuk membuat layar monitor menjadi terang.  Boleh saja menggunakan laptop dengan cahaya yang cukup terang ketika berada diluar rungan, namun ketika berada di dalam rungan maka aturlah kecerahan laptop sesuai kebutuhan

Alasan kebanyakan orang menggunakan laptop dengan tingkat kecerahan layar yang tinggi adalah untuk menampilkan grafik yang  bagus. Padahal layar laptop bisa disesuaikan cukup sesuai kebutuhan. 

Dalam menggunakan laptop tentunya pengguna tetap ingin merasa nyaman dengan tidak mengorbankan kesehatan.  Olehnya aturlah tingkat kecerahan pada saat menggunakan laptop.
Berikut cara mengatur kecerahan di laptop windows 7, 8 dan 10


cara  pertama 

1. Tekan tombol  fn  +  f6 atau fn + f7
2. setealah itu atur tingkat kecerahan yang kalian inginkan
 catatan : fn  +  f6 = untuk mengurangi kecerahan
                    fn + f7 = untuk menambah kecerahan

cara kedua

1. Masuk ke menu windows atau tekan tombol windows
2. cari “ setting  “ lalu tekan

 








3. pilih system lalu pilih display



4. Lalu atur kecerahan di change brightness






5. geser ke kiri untuk menignkatkan kecerahan dan geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan

Itulah cara mengatur kecerahan layar monitor dilaptop windows 7, 8, dan 10. Mudah bukan. Semoga tutorial ini bermanfaat, sekian.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara mengatur kecerahan pada laptop windows 7, 8 dan 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel